Monday 22 December 2014

Pengertian RPP dan Silabus

Pada postingan kali ini penulis berkesempatan untuk  menuliskan tentang pengertian dari RPP dan Silabus. Dimana keduanya merupakan perangkat pembelajaran yang wajib dipunyai oleh seorang pengajar atau guru sebelum mereka melakukan aktifitas belajar mengajar didalam kelas.


Apa itu RPP?

RPP yang merupakan singktan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

Apa tujuan dan fungsi dari RPP?

Tujuan dan Fungsinya adalah:
  1. Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar.
  2. Dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna maka guru akan mampu melihat, mengamati,menganalisis,dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
Apa itu Silabus?

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Apa fungsi dari Silabus?

Silabus berfungsi sebagai kerangka acuan dalam pengembangan RPP.

Agar lebih memahami bagaimana bentuk dari RPP dan Silabus silahkan Download contoh RPP dan Silabus Matematika Berkarakter dibawah ini:

  1. Download RPP dan Silabus Matematika SD Berkarakter
  2. Download RPP dan Silabus Matematika SMP Berkarakter
  3. Download RPP dan Silabus Matematika SMA Berkarakter
Dan akhir dari tulisan ini yaitu penulis sangat berterima kasih karena telah mengunjungi blog ini, Semoga artikel yang diberikan bisa bermanfaat buat anda .

No comments:

Post a Comment